Galeri

Suara Pembaruan

Tanam Padi Dijamin Asuransi
Rabu, 10 Oktober 2012 | 16:04
Ilustrasi menanam padi [google]
[JAKARTA] Petani di Indonesia bisa bernafas lega. Dalam waktu dekat akan ada asuransi penanaman padi. Melalui program produksi padi dengan jaminan penuh, selain disediakan bibit unggul, kerusakan tanaman karena bencana, iklim bisa dijamin, tidak merugikan petani serta mampu mendorong kesejahteraan petani.

Program ini merupakan hasil kerja sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Batan Golden Age-Club (BGA-C) atau organisasi pensiunan Batan dan PT MB Plus Argo yang bergerak di bidang pertanian.

Sebagai permulaan program ini akan dimulai di 1.000 hektar sawah di Aceh dengan penanaman padi Mira I varietas unggulan Batan hasil teknologi pemuliaan melalui radiasi.

Ketua BGA-C Noor Agus Salim mengatakan program budidaya padi dengan program kemitraan ini ingin meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga mampu mencegah urbanisasi.

“Varietas Mira I sudah coba ditanam di 22 daerah, hasilnya di atas 8 ton per hektar, di Tangerang mencapai 12 ton per hektar, Bogor dan Kebumen 11 ton per hektar. Nantinya pola penyebaran benih, pemupukan petani dibantu tim pengawas. Sehingga penanaman padi berjalan sesuai standar operasional Batan,” katanya di Jakarta, Rabu (10/10).

Noor menambahkan, petani dalam program ini hanya menyediakan tenaga. Benih, pupuk organik, pendampingan dan asuransi dijamin oleh PT MB Plus Argo dan Batan.

Nantinya, petani yang tergabung dalam kelompok petani akan diberi hak 70 persen dari hasil produksi dan 30 persennya bagi PT MB Plus Argo dan BGA-C Batan. Diperkirakan 1 hektar dengan asumsi dari 8 ton per hektar hasil total, petani mendapat sekitar 6 ton senilai Rp 24 juta selama 4 bulan.

Direktur Pemasaran PT MB Plus Argo Oki Kresnadi menjelaskan untuk program penanaman padi di tujuh kabupaten di Aceh seperti Aceh Besar, Pidie dan Bireun ini membutuhkan investasi senilai Rp 6 miliar.

Mira I selain tahan kekeringan, umur tanam pun hanya sekitar 115- 120 hari.

“Kalau SOP dilanggar petani sehingga hasilnya tidak sesuai harapan tidak kita jamin. Intinya harus mengikuti panduan. Karena ke depan kebutuhan pangan terus bertambah sedangkan lahan terus menyempit dan manusia semakin bertambah,” ucapnya. [R-15]

2 comments on “Suara Pembaruan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s